SAFARI LITERASI: PENGABDIAN KEILMUAN OLEH MAHASISWA PRODI PBSI UNIFLOR DI SDK ROWOREKE 2

 


Pada Sabtu (16/12/2023), bertempat di SDK Roworeke 2 - Jalan Sultan Hasanudin KM 8, berlangsung kegiatan Safari Literasi: Pengabdian Keilmuan oleh mahasiswa Semester V Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Flores (Uniflor). Kegiatan yang melibatkan jajaran guru dan siswa/i SDK Roworeke 2 tersebut dimulai pukul 08.00 WITA s.d. selesai. 

Sekpro PBSI sekaligus dosen pengampu Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Dominika Dhapa, S.Pd., M.Pd. mengatakan kegiatan Safari Literasi sangat baik dilakukan karena berfungsi untuk menumbuhkembangkan karakter mahasiswa Prodi PBSI dalam hal penyiapan sarana kelas yang memadai untuk keberlanjutan tujuan pembelajaran. Adapun sarana yang disiapkan adalah Pojok Literasi yang merupakan bagian terkecil dari perpustakaan sekolah, Emoticon kelas yang merupakan bagian dari ekspresi siswa pada guru saat hendak masuk kelas, Mading yang merupakan wadah dari ide kreatif siswa, dan Pohon Literasi yang merupakan bentuk kreatif dan kreasi dalam hal membangun ide siswa.


Semua bentuk kegiatan yang dilakukan tersebut adalah wujud dari aplikasi Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia di kelas. Dominika menyampaikan terima kasih kepada panitia Aplikasi Keilmuan, mahasiswa Semester V Prodi PBSI, Kepala Sekolah dan guru-guru SDK Roworeke 2, dan Komite yang telah menyambut baik kegiatan kolaborasi ini demi menjawab kebutuhan keberlanjutan Kurikulum Merdeka saat ini.

Kepala Sekolah SDK Roworeke 2 Yustina Sifa, S.Pd.SD. menyambut baik kegiatan Safari Literasi yang menyasar sekolah yang dipimpinnya. Yustina yang juga merupakan alumnus Prodi Pendidikan Guru dan Sekolah Dasar (PGSD) Uniflor tersebut mengatakan Pojok baca adalah sudut kelas yang dilengkapi dengan koleksi buku yang ditata secara menarik untuk menumbuhkan minat baca siswa. Pojok baca berperan sebagai perpanjangan fungsi perpustakaan Sekolah Dasar (SD) untuk mendekatkan buku kepada peserta didik yang didesain dengan menarik dan nyaman untuk membuat siswa merasa betah dan tertaik untuk membaca.

Kegiatan ini merupakan pintu gerbang dalam memberantas kemalasan membaca bagi siswa dan untuk mencapai kemampuan literasi yang baik. Oleh karena itu diharapkan kegiatan kolaborasi antar Uniflor dengan SDK Roworeke 2 dapat terus berlanjut dan ditingkatkan melalui Aplikasi Keilmuan mata kuliah lainnya.

Selain pembuatan Pojok Literasi, Pohon Literasi, Emoticon kelas, dan mading, dalam kegiatan tersebut mahasiswa terbagi dalam kelas-kelas dengan pembelajaran antara lain mengenal biografi tokoh, prosedur teks, membaca puisi hingga diary books.(2teh).


0 Komentar