PELANTIKAN REKTOR UNIFLOR DAN JAJARAN WAKIL REKTOR PERIODE 2024-2028

Rektor dan Wakil-Wakil Rektor Periode 2024-2028

Sabtu (27/1/2024) merupakan salah satu momen bersejarah Universitas Flores (Uniflor) atas dilantiknya Rektor dan jajaran Wakil Rektor periode 2024-2028. Kegiatan berlangsung di Auditorium H. J. Gadi Djou, pukul 17.00 WITA s.d. selesai, dihadiri oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) Dr. Laurentius D. Gadi Djou, Akt. beserta jajarannya, Rektor Uniflor periode 2019-2023 Dr. Simon Sira Padji, M.A. dan jajarannya, Asisten 3 Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Semuel Halundaka, S.Ip., M.Si., Ketua DPRD Ende Fransiskus Taso, S.Sos., Forkopimda Kabupaten Ende, tamu/undangan, dosen dan karyawan selingkup Uniflor.

Sebagai kampus mediator budaya dengan moto Satukan Langkah Bulatkan Tekad Menuju Uniflor bermutu, kegiatan dibuka dengan persembahan spesial dari para mahasiswa Uniflor asal ujung Timur Indonesia, dari tanah Papua yang kini belajar di kampus mediator budaya Uniflor.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Yapertif dengan SK dibacakan oleh Ketua Panitia Pelantikan Christina Pawe, S.E. Dilantik sebagai Rektor Uniflor periode 2024-2028 Dr. Willybrordus Lanamana, S.E., M.M.A., Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Reyna Virginia Nona, S.E., M.M.A., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr. Dra. Imaculata Fatima, M.M.A., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Mansyur Abdul Hamid, S.E., M.A., dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Dr. Ernesta Leha, S.E., M.Agb.

Rektor Uniflor dalam sambutan menyampaikan terima kasih kepada Rektor Uniflor periode sebelumnya yang telah meletakkan dasar/fondasi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan kerja-kerja teknis administrasi akademik. Banyak hal yang telah dicapai antara lain akreditasi institusi meraih nilai B, sebagian besar prodi terakreditasi Baik Sekali, 72% dosen Uniflor mendapat predikat dosen profesional. Pada tahun 2024 Uniflor naik peringkat berada di Klaster Utama perguruan tinggi. 

Secara umum Rektor Uniflor menyampaikan perhatian serius dalam rencana strategis (renstra) dalam masa baktinya yaitu pendidikan berkarakter, organisasi perguruan tinggi lebih efisien dan efektif, peningkatan mahasiswa di setiap program studi (prodi) dan promosi, memberi perhatian terhadap kuantitas dan kualitas pelaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat baik pendanaan internal maupun eksternal, perhatian serius terhadap relevansi perguruan tinggi dengan masyarakat yang menjawab kebutuhan masyarakat, organisasi kemahasiswaan, hingga program kompetisi Kampus Merdeka.

Rektor Uniflor juga mengumumkan terjadinya merger beberapa fakultas yang ada di Uniflor dan pejabat yang menduduki tampuk kepemimpinan di tingkat fakultas, prodi, dan badan/lembaga. Fakultas Sains dan Teknologi (penggabungan dari Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, dan Fakultas Teknologi dan Informasi) dengan Dekan Marselinus Y. Nisanson, S.T., M.T., Fakultas Sosial Humaniora dan Ilmu Hukum (penggabungan Fakultas Bahasa dan Sastra dan Ilmu Hukum) dengan Dekan Christina Bagenda, S.H., M.H., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (sebelumnya Fakultas Ekonomi) Dr. Rafael Octavianus Byre, S.E., M.Sc., Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr. Drs. Yosef Demon, M.Hum.

Penjabat Gubernur NTT dalam sambutan yang dibawakan oleh Asisten 3 Provinsi NTT menyampaikan ucapan selamat kepada Rektor Uniflor periode 2024-2028 sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada Rektor Uniflor periode 2019-2023. Diharapkan prosesi pelantikan ini menjadi momentum yang tepat bagi seluruh jajaran Uniflor untuk menyamakan visi ke depan, menyatukan gerak langkah, serta terus berbenah diri guna menjadikan universitas ini sebagai sebuah universitas yang berkualitas dan memiliki daya saing global. Oleh karena itu, segenap jajaran Uniflor segera melakukan konsolidasi dan membangun komunikasi dengan semua pihak, untuk bersama-sama membangun komitmen dengan semua pihak, untuk bersama-sama membangun komitmen yang baru, komitmen yang universal, yang mampu mengakomodir kepentingan bersama. Yang tidak kalah penting adalah membangun tata kelola dan manajemen perguruan tinggi yang sehat, transparan dan akuntabel, karena perguruan tinggi yang sehat merupakan kunci utama untuk mewujudkan sumber daya manusia Nusa Tenggara Timur yang lebih berkualitas.

Demikian pula Ketua Yapertif yang menyampaikan terima kasih kepada Rektor Uniflor periode sebelumnya beserta jajarannya untuk karya dan buah-buah pemikiran yang telah dibagi kepada civitas akademika Uniflor. Ia menaruh harapan bagi Rektor dan para Wakil Rektor yang baru dilantik. Mengangkat idiom "This is our home, not our house", ia berharap Uniflor dijadikan rumah bagi setiap dosen dalam merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tingkatkan kualitas dosen dengan pelbagai kegiatan dalam menciptakan kreativitas pembelajaran dan pengajaran yang berlandaskan pada metode Kampus Merdeka, Merdeka Belajar. Rektor dan para Wakil Rektor diharapkan mendukung dan membantu para dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.(2teh).



0 Komentar