PEMBUKAAN UNIFLOR'S CHESS TOURNAMENT 2023 DIISI COUCHING CLINIC DAN CATUR SIMULTAN BERSAMA IRENE SUKANDAR

 


Mengusung tema Strategi Masa Depan Anak Bangsa, Uniflor's Chess Tournament 2023 merupakan ajang kompetisi bergengsi se-Kota Ende yang diselenggarakan oleh Universitas Flores (Uniflor) sebagai tempat persemaian benih cendekiawan. Peserta dari tingkat SD, SMP, SMA, dan umum, juga dapat belajar melalui couching clinic dan merasakan pertandingan melawan Grandmaster Catur Internasional Irene Kharisma Sukandar melalui catur simultan. Ketua Panitia Uniflor's Chess Tournament 2023 Yulius Laga, S.E., M.Ec.Dev. menyampaikan hal tersebut dalam kegiatan Uniflor's Chess Tournament 2023, Selasa (12/12/2023), di Auditorium H. J. Gadi Djou.

Rektor Uniflor Dr. Simon Sira Padji, M.A. dalam sambutan sekaligus membuka acara mengatakan Uniflor sudah sering mengagendakan dan menyelenggarakan pertandingan tahunan sepak bola dan turnamen catur adalah hal yang baru. Meskipun terlihat tidak melibatkan fisik seperti pertandingan sepak bola tetapi catur merupakan olahraga yang keras karena melibatkan otak berpikir keras menyusun strategi saat bertanding. Diharapkan setelah kegiatan ini akan ada turnamen-turnamen catur lainnya karena catur sangat bagus bagi pelajar untuk mampu selesaikan persoalan melalui langkah bidak-bidak catur saat bertanding.


Sejalan dengan itu, Irene Kharisma Sukandar menyampaikan sangat bangga dengan antusiasme peserta baik mengikuti turnamen maupun catur simultan. Menurutnya kuantitas dapat melahirkan kualitas. Uniflor adalah perintis untuk kegiatan ini dan diharapkan dapat memunculkan bibit-bibit catur di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya di Ende. Ia juga memotivasi para peserta bahwa catur juga mampu menjadi jalur istimewa untuk meraih cita-cita. Sebagaimana dirinya memperoleh beasiswa sejak masa sekolah hingga jenjang S1 dan S2. Berprestasi di bidang manapun akan menjadikan seseorang unggul. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Flores (Yapertif) sekaligus pelindung kegiatan Dr. Laurentius D. Gadi Djou, Akt., Penanggungjawab kegiatan Dr. Mansyur Abdul Hamid, S.E., M.M., Ketua Persaci Ende Hermanus Haning beserta anggota Persaci Ende, Ketua Wasit Kaisar Jenius Hakiki yang juga merupakan manajer Irene, Tim Wasit Lapangan Leo Lanamana, Frids Rea, dan Yohanes Paulus Luciany, S.E., M.Si, 52 peserta beserta orangtua dan/atau guru pendamping. 52 peserta terbagi masing-masing atas peserta SD sebanyak 23 orang dan SMP sebanyak 7 orang serta SMA 18 serta umum sebanyak 5 orang.


Usai pembukaan dan ishoma kegiatan dilanjutkan dengan coaching clinic oleh Irene dan Kaisar dan diikuti oleh semua peserta. Menariknya usai coaching clinic digelar catur simultan. Catur simultan merupakan pertandingan catur dimana satu orang pecatur bertanding melawan banyak lawan. Selama pertandingan, pemain lawan harus menunggu melangkah di hadapan pecatur simultan. Irene tidak saja bertanding dengan 52 peserta sekaligus tetapi juga peserta dadakan di sekitar arena. Peserta akan bertanding pada Rabu (13/12/2023) untuk semua tingkat yakni SD, SMP, SMA, dan umum.(2teh).

0 Komentar