MINI PAMERAN ARSITEKTUR DI PANTAI KOTA RAJA


Pantai Kota Raja, Kabupaten Ende, dipilih menjadi lokasi Mini Pameran Arsitektur pada Sabtu (3/2/2024). Pameran yang diselenggarakan pukul 17.00 WITA s.d. selesai ini merupakan bentuk pengumpulan dan/atau pelaporan Ujian Akhir Semester oleh mahasiswa Semester 1 dan Semester 5 Prodi Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Flores (Uniflor). Hal tersebut disampaikan oleh dosen pengampu mata kuliah Estetika Bentuk (Semester 1) dan mata kuliah Kewirausahaan (Semester 5) DVX. Deddy Kurniawan, S.T., M.T. 


Deddy mengatakan melalui mata kuliah Estetika Bentuk mahasiswa berkesempatan berimajinasi dengan memainkan bentuk dan mewujudkannya dalam high rise building yaitu bangunan yang memiliki struktur tinggi. High rise building merupakan bangunan yang belum ada di Kota Ende dan sekitarnya sehingga tugas ini sekaligus merangsang mahasiswa mewujudnyatakan imajinasi mereka. Skala yang dipakai 1:200 sebagaimana skala yang dipakai untuk maket Uniflor.

"Saya mengajak mereka membuat maket dengan istilah Maket Seru agar lebih bersemangat," ungkapnya.


Sementara itu mahasiswa Semester 5 yang ikuti mata kuliah Kewirausahaan diajak untuk belajar berwirausaha dengan membuat aneka kap lampu unik sekaligus menjualnya melalui pameran tersebut. Menurut Deddy, berwirausaha sama dengan menjual sehingga ada hasil yang nyata, dan jika terjual hasilnya akan kembali pada mahasiswa. Mahasiswa dilatih tentang membuat produk, menyiapkan display, booth, harga, dan lainnya yang berkaitan dengan penjualan produk.


Pra pameran, mahasiswa juga mengasah kreativitas mereka untuk membuat iklan dalam bentuk video dan flyer yang disebarkan di berbagai media sosial.

Menurut Deddy, kegiatan seperti ini sudah sering dilakukan tetapi sounding-nya tidak terlalu besar. Oleh karena itu kali ini agak berbeda yaitu berlokasi Pantai Kota Raja sebagai pantai wisata dan pusat kuliner dengan dukungan Dinas Pariwisata Kabupaten Ende. Ia berharap melalui pameran mahasiswa lebih memahami setiap mata kuliah yang diikuti, dan pameran dapat digelar dalam skala yang lebih besar dengan menggandeng mahasiswa lintas prodi khususnya yang juga mengikuti mata kuliah Kewirausahaan.


Pameran diramaikan dengan berbagai hasil karya mahasiswa dikunjungi oleh Rektor Uniflor Dr. Willybrordus Lanamana, S.E., M.M.A., Sekretaris Prodi Arsitektur Petrus Jhon Alfred D.D., S.T., M.T., dosen Prodil Ilmu Tanah dari Universitas Sebelas Maret - Surakarta Prof. Dr. Ir. Mujiyo, S.P., M.P., dosen dan karyawan selingkup Uniflor, dan masyarakat pengunjung Pantai Kota Raja.(2teh).

0 Komentar