VOLUNTEER LPPM IKUTI KEGIATAN BERSAMA RUMAH BACA SUKACITA


Senin (11/03/2024), komunitas Rumah Baca Sukacita (RBS) yang didirikan oleh Evelyn Asri Sare, S.T. mengadakan kegiatan kunjungan ke Taman Firdaus Nanganesa. Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara RBS dengan anak-anak sekolah minggu wilayah setempat, yakni Sekami BCA. Pada kesempatan ini relawan RBS sekaligus dosen Prodi Pendidikan Matematika Universitas Flores (Uniflor) Konstantinus D. Pareira Meke, S.Pd., M.Pd., mengajak Volunteers LPPM untuk bergabung (berkekuatan 4 orang) yakni Emerensiana Woe, Novantri Paramita Go’o Ora, Virgilius Duek, dan Elma.

RBS merupakan salah satu Komunitas yang dibentuk untuk, meneruskan niat dan bakat yang dimiliki setiap generasi anak bangsa dalam lingkup kecil seperti Kota Ende, yang pada saat ini sebagai salah satu media yang banyak diminati anak-anak tingkat SD dan SMP pada Kabuapaten Ende. Bukan kecil kemungkinan, bahwa secara pelan-pelan masa anak yang akan semakin bertumbuh kembang dapat cemerlang.



Rumah Baca Sukacita memiliki beraneka ragam kegiatan untuk mengisi kegiatan di Rumah Baca Taman Firdaus, dimulai  dari pemanasan bersama (olahraga senam singkat), kemudian melakukan baca dan cerita dari pendamping kepada semua peserta adik-adik BCA, dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk mengikuti intruksi dari para pendamping RBS dan pendamping Taman Baca Firdaus, dengan berbagai macam permainan seperti mencari jawaban acak pada Kitab Suci, mewarnai pada kertas bergambar, memberi materi tentang bullying, dan diakhiri dengan menyusun puzzle dimulai dari yang paling mudah hingga tersulit. Selain itu juga dibuat origami berbentuk bintang dan hati untuk memberi kesan terakhir sebagai cindera mata pada bulan Maret ini sebagai bulan Katekese. Berbagai macam hadiah dibagikan kepada anak-anak yang menjuarai setiap ujian dan permainan yang telah diberikan. 

Volunteer yang mengikuti kegiatan mengaku sangat senang mengikuti kegiatan tersebut karena bermanfaat dan banyak hal yang dipelajari dari kegiatan ini antara lain mempelajari karakter anak dan menyikapi karakter tersebut dan kerja sama tim. Soft skills yang diperoleh tentu akan sangat bermanfaat ketika mahasiswa volunteer terjun ke masyarakat nanti.


Kontributor Berita:

1. Emerensiana Woe.

2. Novantri Paramita Go’o Ora.

3. Virgilius Duek.


Penyunting:

2teh.


0 Komentar